Sabtu, 17 Oktober 2009

Paradigma Baru Manajemen Pendidikan

Pada pertemuan pertama, Bapak Amril membahas tentang ‘Paradigma Baru Manajemen Pendidikan’

Paradigma baru Manajemen Pendidikan

Secara umum pengertian paradigma adalah seperangkat kepercayaan atau keyakinan dasar yang menuntun seseorang dalam bertindak dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan menurut Guba, paradigma dalam ilmu pengetahuan mempunyai definisi bahwa seperangkat keyakinan mendasar yang memandu tindakan-tindakan manusia dalam keseharian maupun dalam penyelidikan ilmiah. Paradigma dalam hal ini dibatasi pada paradigma pencarian ilmu pengetahuan (disciplin inquiry paradigm), yaitu suatu keyakinan dasar yang digunakan berbagai kalangan untuk mencari kebenaran realitas menjadi suatu ilmu atau disiplin ilmu pengetahuan.

Di dalam paradigma baru ini, terdapat beberapa aspek yang penting dalam kehidupan antara lain: Pertama adalah trend yang terjadi di masa kini dan yang akan terjadi di masa depan. Orang-orang di masa sekarang mempunyai paradigma baru memandang hidup, tidak hanya memandang pendidikan, tetapi juga kehidupan secara menyeluruh. Setiap trend mengalami perubahan serta berkembang sesuai zaman, oleh karena itu untuk menghadapi trend di masa sekarang maupun dimasa yang akan datang.

Seseorang harus mempunyai beberapa sikap yang dapat mendukung dalam menghadapi trend – trend tersebut, antara lain : pertama yaitu kompetitif maksudnya kita mampu bersaing dengan dunia luar oleh karena itu di perlukan kemampuan yang kompeten agar mampu bersaing serta mempunyai keunggulan- keunggulan tersendiri, kedua yaitu transparan ( bersikap terbuka untuk mengantisipasi ada nya kecurangan), ketiga yaitu spesialis ( mempunyai keahlian-keahlian khusus sesuai dengan kemampuan yang di miliki nya atau di bidang nya masing-masing), keempat yaitu profesionalisme(: mampu bekerja secara profesional ), kelima yaitu diinamis ( dapat menyesuaikan diri sesuai dengan kondisi atau keadaan yang ada serta lingkungan yang di hadapi), dan yang terakhir yaitu adaptif ( mampu beradaptasi dengan lingkungan dan masa-masa yang sedang terjadi).

Jika seseorang telah menerapkan sikap-sikap tersebut, maka ia mampu menghadapi trend-trend tersebut dengan baik serta mampu bertahan dalam menghadapi pesaing-pesaing di masa sekarang maupun yang akan datang. Dalam mengikuti trend-trend tersebut kita mempunyai beberapa tututan, tuntutan tersebut yaitu kita harus memiliki kompetensi-kompetensi yang ada, yang menjadi tuntutan kompetensi Sumber Daya Manusia, yaitu : Pengetahuan/Wawasan Global seperti konseptual yang integratif dan Aplikatif, orientasi pada solusi,inovasi dan kreatifitas, nilai - nilai universal (Lintas Budaya), kemudian keterampilan Global seperti Komunikasi Multi Budaya ( mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing atau mampu menguasai bahasa internasional), pemanfaatan Teknologi informasi ( mampu menggunakan teknologi dengan baik serta memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan) dan pengembangan Intelectual+ Emotional+ Adversity Skill ( mampu mengembangkan ketiga kecerdasan tersebut serta menyeimbangkan ketiga kecerdasan itu ), kompetensi yang terakhir yaitu mengenai sikap / perilaku seperti dinamis & flexible, inisiatif & proaktif, inovatif & kreatif dan mandiri.

Dengan adanya tuntutan-tuntutan tersebut, kita akan menjadi Sumber Daya Manusia yang kompeten serta berkualitas dan mampu menghadapi pesaing di dunia lokal maupun di dunia internasional.

Keberhasilan seseorang tidak hanya di lihat dari nilai raport atau ijazah, tetapi juga dari karya/prestasi yang kita buat.’ Maksud dari kalimat ini adalah bahwa kita jangan menyombongkan nilai raport kita yang selalu bagus atau banyaknya ijazah yang kita terima, kita baru bisa membanggakan diri kita saat kita sudah bisa menghasilkan sesuatu yang berguna bagi sekitar kita. Karena seperti pepatah mengatakan, Sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain.

Setelah mempelajari pembahasan tersebut, kami menjadi tahu bagaimana cara menghadapi para pesaing – pesaing yang akan datang serta sikap yang harus kita miliki agar menjadi seseorang yang sukses dan menjadi seseorang yang bermanfaat bagi orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar