Minggu, 03 Januari 2010

ARTIKEL

PENGERTIAN

Pada dasarnya disiplin muncul dari kebiasaan hidup dan kehidupan belajar dan mengajar yang teratur serta mencintai dan menghargai pekerjaannya. Disiplin merupakan proses pendidikan dan pelatihan yang memadai, untuk itu guru memerlukan pemahaman tentang landasan Ilmu kependidikan akan keguruan sebab saat ini banyak terjadi erosi sopan santun dan erosi disiplin.

MACAM-MACAM KEDISIPLINAN
1.DISIPLIN DALAM MENGGUNAKAN WAKTU.

2.DISIPLIN DALAM BERIBADAH.

3.DISIPLIN DALAM MASYARAKAT.

4.DISIPLIN DALAM KEHIDUPAN BERNEGARA DAN BERBANGSA.


artikel
Gorontalo, beritabaru.com - Aksi kekerasan yang dilakukan Kepala Sekolah SMU Negeri I Kota Gorontalo Abdul Karim Umar terhadap puluhan anak didiknya, terekam kamera handphone. Rekaman melalui telepon genggam seorang siswa itu, kini beredar luas di kalangan masyarakat.


Dalam rekaman HP itu, sang kepsek memukuli siswanya satu persatu baik wanita maupun pria dengan menggunakan ikat pinggang. Tetapi, meski membenarkan dirinya yang ada dalam rekaman itu, Karim mengaku melakukannya untuk menegakkan disiplin sekolah.

"Para siswa itu terlambat, harusnya masuk pukul 07.00 Wita tapi mereka datang terlambat," ujar Karim saat dikonfirmasi.

Karim menjelaskan, hanya memukuli para siswa di bagian rok dan kaki agar para siswa lebih disiplin. Menurut dia, para siswa tersebut juga tak keberatan dengan aksi yang dilakukannya, sambil memperlihatkan surat pernyataan tidak keberatan dari para siswa.


Namun sejumlah siswa yang ditemui mengaku tak menyukai sosok sang kepala sekolah yang dinilai arogan dan menerapkan aturan terlalu keras. Tri, seorang siswa mengatakan, sebelumnya sekolah mentoleransi keterlambatan siswa sampai pukul 07.15 Wita, tapi saat ini harus pukul 07.00 tepat.

Hal tersebut sempat menimbulkan gejolak karena para siswa berencana menggelar demo namun niat tersebut diurungkan. "Kami takut diskors dan nilai kami dipersulit," ujar salah seorang siswa.


MASALAH

  1. Kurangnya kesadaran siswa.
  2. .Adanya peraturan yang membuat siswa tertekan.
  3. Kepsek tidak dapat menahan emosional dalam dirinya.
  4. Siswa tidak menyukai tindakan kepsek yang terlalu keras.
  5. Salah dalam memberi pengajaran untuk menerapkan disiplin.
  6. Tidak adanya kemauan dari siswa untuk berubah.
  7. Adanya sikap traumatik kepsek. k\UKLAN

Untuk menumbuhkan sikap disiplin, perlu adanya kesadaran individu terhadap pentingnya kedisiplinan tersebut dan adanya lingkungan yang mendukung agar terciptanya sikap disiplin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar