Minggu, 03 Januari 2010

KREATIVITAS

Pada hari Kamis tanggal 10 Desember 2009, dalam mata kuliah Manajemen Peserta Didik, Bapak Amril membahas tentang “ Kreativitas “.

KREATIVITAS

Penjelasan pertama mengenai konsep dasar kreativitas. Ada beberapa yang menjadi konsep dasar kreativitas, yaitu kemampuan untuk menciptakan atau berkreasi ( Olson ), proses yang menghasilkan sesuatu yang baru, baik gagasan maupun objek dalam suatu bentuk atau susunan baru ( Hurlock ), konsep dasar yang terakhir adalah ketrampilan untuk menemukan sesuatu yang baru, memandang subjek dari prespektif yang baru, dan membentuk kombinasi yang baru dari dua atau lebih konsep ( Evan ).

Adapun pola dasar berpikir kreatif adalah : IDEA yang berarti Imajinasi, Data, Evaluasi dan Aksi. Hal tersebut dapat membuat kita menjadi orang yang kreatif, ciri-ciri individu kreatif adalah bebas dalam berpikir, penuh daya imajinasi, bersifat selalu ingin tahu, suka pengalaman baru, penuh inisiatif, bebas dalam berpendapat, punya minat yang luas, percaya diri, tidah mudah menerima, berani mengambil resiko, senang tugas mejemuk, ulet dan tidak pembosan.

Pembahasan selanjutnya, mengenai apa dan bagaimana kreativitas? Kreativitas adalah Expermenting, Making mistakes, Inventing,

Tidak semua individu bisa menjadi orang yang kreatif. Berikut ini adalah penyebab rendahnya kreativitas yaitu terlalu menekankan pada cara berpikir konvergen ( menganggap hanya ada satu jawaban yang tepat ), kurangnya wawasan sehingga menyebabkan cara berpikir kurang lentur.selai rendahnya kreativitas, ada juga faktor yang melemahkan kreativitas yaitu : takut mengubah kebiasaan, takut berbuat salah dan ditertawakan, tidak memiliki rasa humor.

Kreativitas dipengaruhi oleh lingkungan, keyakinan dan intelektual. Jika seseorang merasa dirinya tidak kreatif, maka dapat menyebabkan orang tersebut benar-benar tidak kreatif.

Untuk menunjang kreativitas, maka perlu kenali kecerdasan anda terlebih dahulu ( multiple intelligences ) yaitu: fisik,. Linguistic ( bahasa), matematis / logis, visual / spasial, musikal, naturalis, dan intrapersonal.

Jika telah mengetahui kecerdasan kita, usaha selanjutnya adalah bagaimana untuk meningkatkan kreativitas yaitu antara lain jadilah penjelajah pikiran, terbuka dengan gagasan terus-menerus, kembangkan pertanyaan, kembangkan gagasan sebanyak-banyaknya “ the best way to get good ideas is to get a lot of ideas”, cara yang selanjutnya yaitu kembangkan cara baru untuk melakukan sesuatu keluar dari zona kenyamanan, serta gunakan imajinasi seperti bayangkan bagaimana orang sukses melakukan sesuatu dan bayangkan kita bicara dengan orang sukses, dan yang terakhir yaitu isilah sumber inspirasi ( relaksasi ).

Berikut ini ada beberapa cara untuk menjadi kreatif, yaitu yakinlah anda bisa kreatif, ekspresikan kreativitas dalam pekerjaan dan kehidupan, munculkan jiwa kekanak-kanakan, hilangkan pikiran logis, lakukan sesuatu yang tidak biasa, “ charge “ pikiran anda, baca buku ( lihat keluar ), memiliki kegiatan rutin jika pikiran sedang buntu, tuliskan segera ide yang muncul dan yang terakhir percaya bahwa kita bisa melakukannya.

Dengan kata lain jadilah kakap besar, maksudnya adalah Kreatif, Analisis, Kritis, Ambil keputusan, Pecahkan masalah : BElajar terus, Sikap positif, Aktif disiplin dan Rasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar