Rabu, 06 Januari 2010

CI School

Saya akan membuat sekolah jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang bernama “ CI School ( creative and inovatif school )

Sekolah ini mempunyai visi dan misi serta tujuan yang akan kami capai yaitu

Visi : Melahirkan generasi bangsa yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkpribadian cerdas, berakhlak mulia, dan kreatif serta menjadi kebanggaan masyarakat.

Misi : Memberi bekal dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mengantarkan siswa untuk mampu melanjutkan kejenjang berikutnya.

Menyediakan lembaga pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat.

Mendidik siswa untuk berprilaku baik dimanapun berada.

Tujuan : Menjadikan siswa mampu berbahasa inggris dengan baik dan terampil ( IT ) serta kreatif, mandiri sehingga dapat bersaing dan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.

Di sekolah ini, terdapat beberapa program pendidikan yang ditawarkan dengan program utamanya antara lain :

- Sistem belajar menggunakan sistem moving class yaitu sistem belajar mengajar yang mendatangi pendamping ( guru ) dikelas. Sistem tersebut mengacu pada pembelajaran yang terpusat pada anak untuk memberikan lingkungan yang dinamis sesuai dengan bidang yang dipelajari.

- Pelaksanan belajar selama 3 tahun menggunakan sistem persemester tetapi jika ada siswa yang sangat cerdas dan telah dianggap mampu untuk meyelesaikan studi nya dengan cepat, sekolah ini memperbolehkan untuk loncat kelas sehingga dapat sitempuh hanya 2 tahun saja, tetapi melalui pertimbangan-pertimbangan dari pihak sekolah.

- Jam belajar dilaksanakan setiap hari senin sampai jum’at. Dimana ada satu hari di khususkan belajar bahasa inggris sehari full guna mempercepat pemahaman dan kelancaran berbahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari dan mempraktekannya. Dalam pembelajaran bahasa inggris tersebut, siswa diberikan waktu selama sebulan untuk diperbolehkan menggunakan bahasa Indonesia tetapi setelah sebulan kemudian para siswa wajib menggunakan bahasa inggris di kelas pada setiap pertemuan.

- Untuk kelas VIII, setiap siswa membentuk kelompok ( 5 orang ) untuk mewawancarai turis yang dilaksanakan menjelang ulangan umum semester tiga. Turis yang harus diwawancarai minimal 20 turis dengan pertanyaan ditentukan oleh guru masing-masing. Wawancara tidak dipandu guru, mereka melakukannya secara mandiri. Disertai bukti gambar dan rekaman suara.

- Untuk kelas IX, jika materi bahasa inggris yang diajarkan selama dua semester telah selesai, maka para siswa diwajibkan membuat pidato bahasa inggris dan membacakannya didepan kelas secara bergantian.

- Selain pembelajaran bahasa inggris, disekolah ini terdapat pembelajaran IT yang menjadi program utama disekolah ini dengan menggunakan teknologi yang canggih dan laboratorium yang cukup nyaman dengan perlengkapan yang lengkap serta diajarkan oleh guru-guru yang sudah ahli dibidang tersebut.

- Setiap pelajaran harus ada beberapa pertemuan yang menggunakan pendekatan cooperative learning dan problem based learning. Jadi tidak hanya menggunakan teacher center tetapi juga harus menggunakan student center.

- Alokasi waktu pelaksanan belajar yaitu: senin s/d kamis = 06.30 – 14.30 dan hari jum’at = 06.30 – 14.30. Jam istirahat disekolah ini ada 2 kali istirahat, istirahat pertama jam 9.40-10.00 sedangkan istirahat kedua jam 11.50-12.15 dan khusus hari jum’at untuk istirahat kedua dari jam 11.45 - 12.35.

Selain program utama, disekolah ini juga terdapat program-program pendukung, antara lain :

- Ekstra kulikuler yang dapat meningkatkan kemampuan siswa diluar kemampuan akademisnya. Disekolah ini mempunyai berbagai macam ekskul antara lain :

- Eksul dibidang bahasa yaitu English club. Kemudian terdapat ekskul seni yang terdiri dari seni musik, seni tari baik tari tradisional maupun modern, dan teather

- Eksul dibidang olahraga yang terdiri dari futsal, basket, pencak silat dan karate. Eksul dibidang keagamaan yang disesuaikan dengan agama yang di yakini para siswa. Dan juga terdapat eksul pramuka, paskibra, PMR, drumband serta marching band.

- Ekstra kulikuler dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu sesuai jadwal yang telah ditetapkan untuk masing-masing ekskul.

- Setiap siswa diwajibkan mengikuti eksul minimal 3 ekskul

Dalam memilih program – program tersebut, baik program utama maupun program pendukung, saya mempunyai beberapa alasan, antara lain :

- Menggunakan sistem moving class yaitu untuk menghindari kejenuhan dan menciptakan suasana baru bagi siswa karena 6 tahun lamanya pada waktu SD mereka menggunakan sistem kelas ditempat. Dan untuk melatih kemandirian siswa serta kedisiplinan siswa karena kelasnya selalu berpindah-pindah maka harus tepat waktu.

- Semakin berkembangnya zaman, maka pendidikan pun harus berkembang. Dipilihnya program full day bahasa Inggris karena minimnya kemampuan serta kurangnya minat untuk berbahasa inggris pada anak-anak Indonesia. Daya saing di masyarakat pun akan berkembang oleh karena itu sejak dini harus dibekali ilmu-ilmu yang bermanfaat salah satunya dengan berbahasa Inggris.

- Selain bahasa Inggris, siswa juga perlu dibekali dengan ilmu-ilmu teknologi karena teknologi itu penting bagi manusia, manusia selalu berhubungan dengan teknologi, kapanpun dan dimana pun teknologi itu pasti dibutuhkan oleh manusia terlebih dizaman sekarang ini, teknologi sudah berkembang pesat. Untuk menghindari ketertinggalan maka para siswa harus mempelajrai IT.

- Wawancara turis dan membuat pidato serta membacakannya. Hal tersebut diadakan untuk melatih keberanian siswa , melatih kemampuan dalam bahasa inggris dan melatih kemandirian. Jadi tidak hanya teori saja tetapi harus diadakan prakteknya guna melihat sejauh mana kemampuan siswa tersebut.

- Pembelajaran dikelas tidak hanya menggunakan teacher center tetapi juga menggunakan student center. Hal tersebut dikarenakan banyak siswa yang kurang memahami bahkan bosan jika hanya guru saja yang berbicara / aktif. Hal tersebut terkadang kita alami. Jadi diperlukan student center yang berguna untuk melatih keberanian siswa dan keaktifan siswa pada saat KBM. Dan menggunakan pendekatan cooperative learning dapat melatih kerjasama siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru dan melatih keberanian berbicara didepan kelas karena akan ada presentasi nantinya serta menggunakan problem based leraning agar para siswa dapat berfikir secara kritis, kreatif dan dapat mengembangkan kemampuan siswa. Dan untuk menambah pengetahuan siswa karena mungkin saja waktu SD tidak menggunakan pendekatan tersebut.

- Selain dibidang akademis, saya memilih program pendukung yaitu eksul karena untuk memenuhi kebutuhan siswa yang berguna untuk mengembangkan dan meningkatkan bakat siswa serta untuk menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri. Ekskul tersebut diadakan sabtu-minggu karena untuk me-refresh pikiran siswa yang 5 hari telah belajar penuh maka di adakanlah eksul.

Sasaran peserta didik disekolah ini yaitu dari semua golongan, dengan syarat nilai ujian sekolah, masing-masing mata pelajaran minimal 7,00 kecuali bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan matematika harus mempunyai nilai min.8.00. Mempunyai prestasi-prestasi yang baik . Ada ketentuan untuk siswa yang kurang mampu akan mendapat keringanan jika menyerahkan surat keterangan kurang mampu dari pihak RT/kelurahan. Dan calon siswa harus mempunyai bakat / mempunyai kemampuan yang unggul yang dimiliki calon siswa.

Strategi publikasi yang akan dilakukan untuk menjaring siswa adalah melalui brosur – brosur ( blind ad ) yang disebarkan diberbagai tempat terutama di SD / MI. Selain brosur yaitu melalui siswa SMP “ CI School “ dengan strategi jika siswa tersebut berhasil mengajak calon siswa maka akan mendapat komisi dari pihak sekolah.

Proses dan alat seleksi yang dilakukan yaitu :

a. Seleksi administratif ( nilai ) yaitu untuk mengetahui apakah secara administratif telah terpenuhi. Hal tersebut mencakup : pengisian formulir, , kelengkapan dokumen pendukung ( ijazah, NEM, Sertifikat ) dan niali rapor (kelas IV-VI )

b. Mengikuti tes-tes yang terdiri dari psikotes ( IQ min. 120 ), pengetahuan (akademis ) yaitu lulus tes tertulis mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan matematika dengan nilai min.8.00 serta tes kemampuan bakat.

c. Wawancara dilakukan secara individual yang mencakup pengetahuan – pengetahuan dan pengalaman yang dialami calon siswa pada waktu SD.

d. Pemeriksaan referensi yang mencakup kemampuan akademik, kemampuan finansial, prestasi-prestasi dibuktikan dengan fotocopy sertifikat/dokumen.

e. Evaluasi medis dengan bukti surat keterangan dari dokter yang mencakup kesehatan calon siswa.

Disekolah ini, kriteria kelulusan untuk siswa yaitu, sebagai berikut :

1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.

2. Memperoleh nilai minimal.7,00 pada ujian praktek, baik lisan maupun tulisan.

3. Lulus ujian sekolah.

4. Lulus ujian nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar