Sabtu, 20 Maret 2010

Pertemuan 1 Konsep Dasar Akuntansi

Pada tanggal 02 Februari 2010, hari selasa, pada mata kuliah Manajemen Keuangan, pada pertemuan pertama Bapak.Amril menerangkan tentang Konsep Dasar akuntansi

Sumber pembiayaan

Sumber pembiayaan di dapat atas tiga sumber yaitu , pertama dari modal pemilik, kemudian berasal dari pinjaman, dan yang terakhir sumber pembiayaan itu berasa; dari pendapatan.

Dengan adanya sumber pembiayaan tersebut, maka akan di gunakan sebagai dana untuk operasional dan juga sebagai dana untuk investasi.

Dana operasional adalah dana yang digunakan untuk kelancaran kegiatan operasional. Pada saat kita ingin membuat anggaran dana kita harus memperhatikan unit cost, BEP, harga jual dan lain- lain. Harga jual suatu produk harus diusahakan tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. harus disesuaikan dengan kondisi dari produk itu sendiri dan harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat.

Jika dana tidak mencukupi maka kita harus membuat skala prioritas.Skala Prioritas adalah daftar urutan kebutuhan manusia dari yang paling penting dan harus dipenuhi terlebih dahulu. Dalam bisnis terdapat suatu konsep kesatuan usaha yaitu pemisahan pencatatan keuangan pribadi dengan bisnis atau perusahaan.

Di dalam dunia bisnis, terdapat konsep bussiness entinity atau konsep kesatuan usaha yaitu pemisahan pencatatan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis/perusahaan.

Konsep dasar akuntansi

AKTIVA
Aktiva dibagi menjadi 3, yaitu
Current Asset (contoh : barang , dan uang)
Fixed Asset (contoh : tanah, dan bangunan)
Intangible Fixed Asset (contoh : izin perusahaan)

HUTANG
Jenis hutang dibagi menjadi 2, yaitu:
Hutang Lancar (Current Liabillities) seperti hutang gaji
Hutang Jangka Panjang (Long-term Liabillities) yaitu hutang yang jangka waktu pembayarannya lebih dari 1 tahun.

CAPITAL
Capital atau modal bertambah jika ada keuntungan dan berkurang jika ada kerugian.

1 komentar: