Sabtu, 20 Maret 2010

Pertemuan 2 Konsep Dasar Manajemen Keuangan

Pada pertemuan kedua, pada tanggal 16 Februari 2010 di mata kuliah Manajemen Keuangan, Bapak Amril membahas tentang “ Konsep dasar manajemen keuangan”.

Macam – macam bisnis

Bisnis terbagi tiga macam yaitu yang pertama servis bisnis atau pelayanan, dimana dalam bisnis terse but terdapat transaksi seningga jasa pun terjadi. Bisnis yang kedua yaitu bisnis perdagangan atau trade bisnis , dimana di dalam bisnis tersebut adabya kegiatan menjual barang kepada pembeli yang terdiri dari harga pokok + laba yang diharapkan, kemudian harga jual sudah memasukkan laba yang diharapkan, serta laba yang diharapkan adalah laba yang telah diprediksi. Dan bisnis yang ketiga yaitu bisnis manifaktur, dimana bisnis tersebut memproduksi bahan mentah menjadi barang jadi, dengan mempersiapkan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung atau orang yang mengerjakan produksinya sendiri,serta biaya over had ( dll ).

Selain membahas macam – macam bisnis, Pak Amril juga membahas tentang jenis badan usaha dan segi kelambagaannya.

Jenis badan usaha yang pertama adalah Private bisnis, yang kedua adalah Firma, yaitu badan usaha yang menggunakan asosiasi atau perkumpulan, karakteristiknya berupa di wakilkan oleh satu nama dan managing parter and partner. Badan usaha yang ketiga adalah CV, dimana partner nya hanya menaruh modal saja, tidak terlibat kegiatan apa-apadapat disebut juga persero pasif dan pertanggung jawabannya hanya bertanggung jawab atas mpdal yang dia berikan saja. Badan usaha yang ke empat adalah PT, yaitu perusahaan yang modalnya terdiri dari saham-saham yang setiap pemegang saham bertanggung jawab sebatas jumlah sahamnya saja, sedangkan yang menjadi pengurus bertanggung jawab sampai perusahaan tersebut selesai.

Dahulu pernah ada badan usaha perjan dan perum yang merupakan perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah daerah atau pusat, perusahaan tersebut bukan dalam rangka mengambil keuntungan tetapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Di dalam perusahaan ( di keuangan nya ) ada istilah income statement yaitu sebuah laporan yang menginformasikan jumlah pendapatan yang diperoleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu serta biaya – biaya untuk mendapatkannya atau pengeluarannya.

Berdasarkan pemiliknya, bisnis terbagi atas pemilik masyarakat atau public, milik pemerintah pusat seperti BUMN yaitu pertamina, kemudian milik pemerintah daerah seperti BUMD yaitu PDAM, serta yang dimiliki oleh gabungan atau campuran dari tiap – tiap pemilik, seperti century.

Laporan keuangan ( financial statement )
Income statement (laporan laba/ rugi) yaitu informasi tentang pendapatan perusahaan dalam jangka waktu tertentu dan biaya-biaya terkait. Terdapat 2 komponen penting dalam laporan ini yaitu income dan expense (operationan expense dan under expense).
A= C
A= L+C
A= CA+FA+IFA
NFA = FA-DA
NIFA= IFA-Am
IFA= surat ijin+perijinan= konsesi
IPO= Biaya go public
L= CL+LTL

Transaksi keuangan adalah kejadian yang dilakukan oleh 2 pihak atau lebih yang berakibat pada perubahan nilai pada 2 account atau lebih yang dapat dinilai dengan uang. Jurnal (buku jurnal) adalah catatan transaksi keuangan yang menginformasikan pengaruh transaksi terhadap account. Posting (buku besar) adalah memindah jurnal ke buku besar.

Tugas manajer keuangan terbagi menjadi dua yaitu mencari uang/sumber pembiayaan (pemilik berkaitan dengan modal, bank berkaitan dengan utang, masyarakat berkaitan dengan go public), dan menggunakan uang (operasional, investasi, anggaran berkaitan dengan skala prioritas).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar